Umar bin Khattab Quote tentang Doa


Umar bin Khattab Quote, kisah sahabat

Foto yang berisi Quote atau kutipan kata-kata Umar bin Khattab ra ini saya dapatkan dalam grup Facebook 'Kajian Habib Umar bin Hafidz'. Berada dalam grup orang-orang alim memang membuat kita mendapatkan banyak manfaat. Mohon maaf buat saudaraku yang membenci para Habaib, selama kalian menyembah Allah, sholat menghadap ka'bah, berpedoman pada al Quran, masih mengakui Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam sebagai rasulullah, dan tidak mengkafirkan sahabat beliau, kalian semua masih saudara saya seiman. Jika kalian menganggap saya dkk sebagai ahli bid'ah, musyrik, sesat, dll, dan menganggap kami bukan saudara, itu urusan kalian dengan Allah.

Kembali pada Quote Sayyidina Umar bin Khattab dalam foto itu, "Aku tidak takut do'aku ditolak tapi aku lebih takutkan aku tidak diberi hidayah untuk terus berdo'a." Mungkin sebagian kita yang sedang dilanda kesusahan mulai enggan berdoa karena yang kita inginkan belum terwujud. Meminta pada seseorang itu cukup sekali, malu jika sampai dua kali. Tetapi berdoa pada Allah itu ibadah. Allah senang pada hambaNya yang berdoa padanya.

Doa adalah ibadah, begitu kata Ust Abdul Somad dalam beberapa ceramahnya. Berikut hadits tentang doa, saya dapatkan di carihadis.com.
Hadits No. 1577 Dari Nu'man Ibnu Basyir Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya doa adalah ibadah." Riwayat Imam Empat. Hadits shahih menurut Tirmidzi. (Bulughul Maram)

Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Basyar] telah menceritakan kepada kami [Abdurrahman bin Mahdi] telah menceritakan kepada kami [Sufyan] dari [Manshur] dan [Al A'masy] dari [Dzarr] dari [Yusai' Al Hadlrami] dari [An Nu'man bin Basyir] berkata: Aku mendengar nabi Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "doa adalah ibadah" kemudian beliau membaca: "Dan Rabbmu berfirman: 'Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (Al Mu`min: 60) Abu Isa berkata: Hadits ini hasan shahih. (Sunan Tirmidzi hadis nomor 3170)

Telah menceritakan kepada kami [Ahmad bin Mani'] telah menceritakan kepada kami [Marwan bin Mu'awiyah] dari [Al A'masy] dari [Dzar] dari [Yusai'] dari [An Nu'man bin Basyir] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "doa adalah ibadah." Kemudian beliau membaca ayat: Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (QS. Ghafir 60), Abu Isa berkata; hadits ini adalah hadits hasan shahih, dan telah diriwayatkan oleh [Manshur] serta [Al A'masy] dari [Dzarr] dan kami tidak mengetahuinya kecuali dari hadits Dzar bin Abdullah Al Hamdani, ia adalah orang tsiqah, anak Umar bin Dzar. (Sunan Tirmidzi hadis nomor 3294)

Telah meceritakan kepada Kami [Hafsh bin Umar], telah menceritakan kepada Kami [Syu'bah] dari [Manshur] dari [Dzarr] dari [Yusai' Al Hadhrami] dari [An Nu'man bin Basyir] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "doa adalah ibadah, Tuhan kalian telah berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu." (Sunan Abu Daud hadis nomor 1264 (Lihat: Aunul Mabud))
Semoga kita selalu mendapat hidayah Allah untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa. Aamiin.

Baca juga: Kisah Sahabat Meruqyah Kepala Suku

______________________________________________________________
This Is The Newest Post

No comments:

Post a Comment